10 Cara Menjaga Kesehatan Payudara wajib tau wanita

|| || || Leave a komentar

Wanita diharap menjaga kesehatan dan memberikan perhatian lebih kepada payudara mereka. Salah satu caranya adalah dengan memiliki gaya hidup sehat. inilah 10 Cara menjaga Kesehatan Payudara wajib tau wanita.

1. Pelembab
Seperti kulit tangan dan kaki, kulit payudara juga membutuhkan pelembap untuk mencegah dan mengurangi kerutan karena dehidrasi. Pelembap khusus payudara disebut bust cream.

2. Pakai bedak
Jerawat juga bisa muncul di sekitar payudara, karena daerah tersebut dipenuhi kelenjar minyak. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai bedak tabur setelah mandi. Hindari juga memakai bra basah.


3. Jangan tidur tengkurap 
Tidur tengkurap dapat mengubah bentuk payudara. Posisi tidur yang dianjurkan adalah posisi miring, dengan kedua payudara ditopang bantal. Ada baiknya Anda tidak memakai bra saat tidur, agar pori-pori payudara lebih leluasa bernapas.

4. Gunakan bra dengan ukuran pas
Jika kulit di sekitar payudara Anda merah dan terasa gatal, kemungkinan bra yang Anda pakai terlalu kecil. Atau bisa jadi, kulit Anda tidak cocok dengan bahan dasar bra tersebut. Pilih bra dengan bahan yang ramah dengan kulit dan sesuai ukuran akan membuat payudara sehat.


5. Pilih bra sesuai kebutuhan
Gunakan bra berkawat jika memang ukuran payudara Anda terlalu besar atau bentuknya mulai menurun karena faktor usia. Jika Anda akan berolahraga, gunakan sport bra dengan cup khusus. Agar gerakan Anda lebih fleksibel melakukan berbagai gerakan dalam olahraga.


6. Periksa payudara
Mulai periksa payudara Anda minimal setiap tiga tahun sekali ketika usia mulai memasuki 20 tahun. Bagi wanita berusia 40 tahun ke atas dan memiliki riwayat kanker payudara turunan, lakukan pemeriksaan secara rutin. Jika pemeriksaan dengan mammogram dirasa belum cukup, Anda bisa meminta dokter untuk melakukan Magnetic Resonance Imaging (MRI) atau sonogram. Anda juga dapat memeriksa payudara melalui ultrasonografi (USG), cara tersebut lebih efektif dari pada pemeriksaan mamografi.

 
7. Rajin olahraga
Berolahraga selama 45 menit hingga satu jam secara rutin bisa mencegah kanker payudara. Latihan kebugaran dapat membantu Anda meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi risiko obesitas, serta menurunkan kadar hormon estrogen dan insulin. Jangan lupa konsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, dan minum susu.


8. Hindari stres
Memang belum terbukti, jika stres mampu memicu terjadinya kanker payudara. Namun, payudara bisa terasa sakit karena beberapa jenis hormon mengalami peningkatan saat stres.


9. Jaga berat badan
Selain mengganggu penampilan, berat badan yang berlebihan membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit serta menurunkan sistem kekebalan tubuh.


10. Kurangi minum alkohol
Penelitian menunjukkan, bahwa dua gelas alkohol setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara sekitar 21 persen. Coba ganti alkohol atau wine dengan buah anggur dan jus buah. Resveratrol pada kulit anggur bisa membantu Anda mengurangi kadar estrogen yang memicu terjadinya kanker.
/[ 0 komentar Untuk Artikel 10 Cara Menjaga Kesehatan Payudara wajib tau wanita]\

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi Konten. Mohon maaf Komentar yang singkat dan tidak sesuai dengan isi konten tidak akan ditampilkan